JAKARTA, KOMPAS.com- Grup musik Sabyan kembali melepas singel terbarunya yang berjudul “Fatimah Az Zahra”. Dalam lagu ini, Sabyan menggaet penyanyi Hanin Dhiya untuk berkolaborasi. Ahmad Fairuz, personel Sabyan mengungkap inspirasi lagu terbarunya datang dari kisah tokoh Islam, anak baginda Nabi Muhammad S.A.W.

Di mana ketika itu perjuangan sang rasul dalam mensyiarkan agama Islam yang dibawanya. Baca juga: Singel Kolaborasi Hanin Dhiya dengan Aizat Amdan, Berawal dari Swedia Tak hanya itu, lagu “Aisyah” juga menjadi salah satu sumber inspirasi dari lagu terbaru mereka. “Inspirasinya dari lagu ‘Aisyah’ saat dengar dan cover kita kepikiran untuk membuat lagu sendiri, mengisahkan tentang tokoh Islam, banyak kan.

Tapi akhirnya memilih sosok Fatimah yang kita pengin,” kata Ahmad Fairuz dalam perilisan “Fatimah Azzahra” via Zoom, Senin (24/8/2020). “Ini bukan satu kisah tapi tentang beberapa kisah yang kita masukin ke dalam sebuah lagu, empat kisah kita masukin, sulitnya disitu,” sambung sang keyboardis Sabyan. Baca juga: Duet dengan Penyanyi Malaysia, Hanin Dhiya Bawakan Lagu Ku Mau Kemudian terpilih Hanin Dhiya untuk berkolaborasi bersama Sabyan.

Ayus berujar alasan memilih Hanin lantaran karakter vokalnya sangat cocok. Bahkan diketahui, ini kali pertama Hanin bernyanyi lagu religi. “Kalau reccording-nya dari dua penyanyi apalagi lagu ini makanan Hanin lah, lagu pop seperti ini. Tantangan buat mereka mungkin ini pertama kalinya Hanin membawakan lagu religi,” ucap Ayu lagi. Sementara itu, Hanin mengaku sangat bahagia bisa berkolaborasi dengan Sabyan.

Awalnya Hanin sempat merasa khawatir harus berduet dengan Nissa, vokalis Sabyan. “Kalau dari aku waktu pertama diajak kolaborasi excited, tapi ngerasa bisa enggak ya. Sejak lama dengar lagu dan cover Sabyan yang aku tahunya genrenya beda, pas kolaborasi diajak bisa enggak ya,” tutur Hanin Dhiya.

Penulis : Revi C. Rantung
Editor : Dian Maharani

0 10